Tangerang Selatan, 3 Maret 2023. Kanwil Bea Cukai Banten kembali melakukan kegiatan Customs Visit Customer (CVC) ke pengguna jasa PT Sentra Usahatama Jaya (SUJ) di Cilegon, Rabu (1 Maret 2023). Kegiatan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan sinergi dengan pengguna jasa dalam hal ini adalah perusahaan produsen gula rafinasi penerima fasilitas KITE dan GB, agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dalam bidang kepabeanan.
Kegiatan Customs Visit Customer (CVC) ini dilakukan oleh Kepala Kanwil Bea Cukai Banten Rahmat Subagio, Kepala KPPBC Merak Beni Novri dan Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai Firsti Masdiani, serta para Pejabat Eselon IV di lingkungan Kanwil DJBC Banten dan KPPBC TMP Merak. Kegiatan diawali dengan peninjauan tempat penimbunan bahan baku, lokasi tempat proses produksi dilakukan dan diakhiri diskusi dengan pengusaha PT SUJ.
Kegiatan Customs Visit Customer (CVC) ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Bea Cukai Banten dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan memperkuat sinergi dengan para pengguna jasa. Dalam kegiatan ini, tim Bea Cukai Banten juga terjun ke lapangan untuk melihat langsung bagaimana proses bisnis PT Sentra Usahatama Jaya, sehingga Bea Cukai Banten dapat lebih efektif dalam melakukan pelayanan dan pengawasan.
“Kegiatan Customs Visit Customer ini merupakan inovasi yang kami lakukan untuk memperkuat sinergi dengan para pengguna jasa dan memberikan pelayanan yang lebih baik. Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, para pengguna jasa dapat lebih mudah mendapatkan informasi dan konsultasi tentang proses kepabeanan yang lebih efektif,” Ujar Rahmat Subagio mengawali diskusi.
Dalam kegiatan ini, tim Bea Cukai Banten memberikan berbagai informasi dan konsultasi seputar proses kepabeanan dan beberapa masukan untuk membuat proses bisnis PT Sentra Usahatama Jaya bisa lebih efektif dan efisien. Di pihak lain, PT Sentra Usahatama Jaya menyampaikan apresiasi atas kunjungan yang dilakukan Bea Cukai, disampaikan pula kendala-kendala dihadapi perusahaan dan harapannya kepada Bea Cukai.
Kesempatan ini dilakukan pula penyampaian rencana Kanwil Bea Cukai Banten dan KPPBC Merak dalam meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), yang perlu juga mendapatkan dukungan dari setiap stakeholdernya.
Sementara itu Direktur Supply Chain Management PT SUJ Indra Suryaningrat menyampaikan, “Kami sangat berterimakasih dan apresiasi atas kehadiran Bapak Kakanwil dan tim di tempat kami, dalam kegiatan Customs Visit Customer ini. Kesempatan ini saya laporkan bahwa selama ini Tim Bea Cukai Banten termasuk Bea Cukai Merak memberikan pelayanan yang sangat baik dan membantu kami dalam proses kepabeanan. Kami dapat langsung berdiskusi dan
berkonsultasi mengenai berbagai masalah yang dihadapi dalam proses kepabeanan.”
Kegiatan Customs Visit Customer ini akan terus dilakukan oleh Bea Cukai Banten untuk memberikan pelayanan yang lebih baik khususnya kepada para pengguna jasa di wilayah kerjanya. Dalam era industri 4.0 dan persaingan global yang semakin ketat, sinergi antara Bea Cukai dan para pengusaha menjadi kunci penting dalam menciptakan iklim investasi yang kondusif dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.
“Kami akan terus melakukan inovasi dalam memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat dan para pengguna jasa. Kegiatan Customs Visit Customer ini merupakan salah satu inovasi yang kami lakukan untuk memperkuat sinergi antara Bea Cukai dengan para pengguna jasa. Dengan kegiatan ini kami dapat mengetahui secara langsung kebutuhan pengguna jasa dan masalah yang dihadapi, sehingga dapat segera dicarikan jalan keluarnya.” lanjut Rahmat Subagio.
Dalam menjalankan salah satu misinya sebagai Trade Facilitator dan Industrial Assistance, Kanwil Bea Cukai Banten akan terus melakukan upaya dan terobosan-terobosan agar tercipta hubungan yang semakin baik dengan para stakeholdernya. Bea Cukai berharap para penggunajasa di wilayah Banten dapat terus meningkatkan usahanya, karena secara tidak langsung hal ini akan menggerakan dan meningkatkan perekonomian nasional.