Berikan Sosialisasi, Bea Cukai  Asistensi Penggunaan CEISA 4.0 Layanan TPB

(Cilegon, 26/9/2023) Sinergi antara Bea Cukai Merak bersama Bea Cukai Banten dalam melakukan sosialisasi kepada stakeholder nya berupa asistensi penggunaan CEISA 4.0 Layanan TPB di Aula Lantai 2 KPPBC TMP Merak pada Selasa, 26 September 2023, telah diikuti oleh 48 (empat puluh delapan) perusahaan pengguna fasilitas Tempat Penimbunan Berikat. 

Penyelenggaraan sosialisasi ini sebagai bentuk edukasi dalam memberikan informasi terkini kepada pengguna jasa untuk mendapatkan pemahaman secara penuh penerapan (mandatory) CEISA 4.0 untuk Perusahaan Tempat Penimbunan Berikat sehingga layanan yang diberikan dapat berjalan dengan baik. Di kesempatan ini juga, para Perwakilan Perusahaan  Tempat Penimbunan Berikat diberikan pelatihan dengan mempratikkan langsung penggunaan CEISA 4.0 mulai dari pendaftaran akun sampai dengan pengiriman dokumen pemeritahuan pabean.

Dihadiri oleh  Kepala KPPBC TMP Merak, Agus Amiwijaya, Kepala Seksi Perizinan dan Fasilitas III pada Kanwil DJBC Banten, Mukmin Setyo Sudarmo, dan narasumber dari Direktorat Informasi Kepabeanan dan Cukai yaitu Kepala Subdirektorat Pengendalian Keamanan Informasi, Manajemen Layanan, dan Evaluasi, Muslim Kholid Arifin, Kepala Seksi Manajemen Layanan Teknologi Informasi, Oky Singgih Nugroho dan dari Direktorat Fasilitas Kepabeanan, Abdul Munir.

Dalam kegiatan ini disampaikan bahwa implementasi CEISA 4.0 memberikan dampak efisiensi yang progresif. Hal ini berguna untuk memudahkan pelayanan, terutama mempersingkat durasi pengurusan  dokumen pemberitahuan impor barang (PIB) karena sistem tersebut meminimalisir adanya kesalahan manual dan mempercepat proses verifikasi.

Ditemui dalam kesempatan lain, Kepala Kanwil DJBC Banten, Rahmat Subagio menyampaikan bahwa CEISA 4.0 merupakan inovasi yang dikembangkan dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarkat dalam pengurusan proses kepabeanan yang cepat, transparan dan efisien. “Permasalahan yang ditemui dilapangan akan menjadi permasalahan kami juga. Untuk itu diharapkan pada pengguna jasa untuk selalu menyampaikan setiap kendala tersebut agar dijadikan sebagai perbaikan kedepannya dan Bea Cukai dapat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat” lanjut Rahmat Subagio.

Kanwil DJBC Banten berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh stakeholder nya demi meningkatkan kualitas pelayanan yang diterima. Dengan terus berinovasi, Bea Cukai selalu mengupayakan hasil sebagai bentuk perwujudan fungsi Direktorat

Jenderal Bea dan Cukai yaitu Industrial Assistance yang memfasilitasi perdagangan dan industri untuk meningkatkan perekonomian negara di bidang ekspor dan impor.

Leave a Reply